09 April, 2017

Mengenal 10 Tank yang ada di dunia

Tank adalah kendaraan tempur
lapis baja yang bergerak menggunakan roda berbentuk rantai. Ciri utama tank adalah pelindungnya yang biasanya adalah lapisan baja yang berat, senjatanya yang merupakan meriam besar, serta mobilitas yang tinggi untuk bergerak dengan lancar di segala medan. Meskipun tank adalah kendaraan yang mahal dan membutuhkan persediaan logistik yang banyak, tank adalah senjata darat paling tangguh dan serba-bisa pada medan perang modern, dikarenakan kemampuannya untuk menghancurkan target darat apapun, dan efek mentalnya terhadap infanteri.
kendaraan tempur yang satu ini sangat kuat. Walau begitu, tank tidak beroperasi sendirian. Tank biasa dimasukkan dalam unit lapis baja pada pasukan terpadu, yaitu gabungan antara infanteri dan kavaleri lainnya. Tanpa dukungan unit lain, tank, walaupun memiliki pelindung tebal, tetap bisa dilumpuhkan oleh infanteri, ranjau, artileri, dan helikopter atau pesawat.

"Bermacam-macam Tank yang ada didunia"



1. T-14 Armata.
T-14 Armata


T-14 Armata adalah kendaraan tank tempur utama canggih generasi kelima Rusia. Tank ini didesain Ural Design Bureau of Transport Machine-Building, Uralvagonzavod dan dibuat oleh Uralvagonzavodserta digunakan Angkatan Darat Rusia. Panjang kendaraan ini 10.8 m (35 ft).


Kubah tank juga dilengkapi senapan sub-kaliber 30 mm untuk menembak berbagai sasaran, termasuk target yang terbang rendah seperti pesawat atau helikopter. Senapan mesin 12.5 mm pada kubah disebut mampu menghadang senjata musuh, seperti rudal anti-tank. Senjata ini mampu menahan serangan dari rudal yang melesat hingga kecepatan 3.000 meter per detik. Tank ini terkomputerisasi penuh sehingga hanya perlu dua awak untuk mengendalikannya.

2. Tank Leopard.
Leopard Revolution
Leopard 2 adalah tank tempur utama (main battle tank, MBT) Jerman yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada awal 1970-an dan mulai digunakan pada 1979. Leopard 2 menggantikan Leopard 1 sebagai tank tempur utama Angkatan Darat Jerman Barat (Bundeswehr). Beragam versi telah digunakan oleh Angkatan Darat Jerman dan di 12 negara Eropa lainnya, beberapa dari luar Eropa. Lebih dari 3,480 Leopard 2 telah diproduksi. Leopard 2 pertama kali digunakan Angkatan Darat Jerman pada Perang Kosovo serta pasukan Kanada dan Denmark yang tergabung dalam ISAF di medan tempur Afghanistan.


Ada dua pengembangan utama pada tank ini, dari model pertama hingga versi Leopard 2A4 yang memiliki kubah tembak vertikal berlapis baja dan model yang lebih maju, Leopard 2A5, serta versi yang lebih baru lagi, yang memiliki kubah tembak menyudut seperti anak panah dengan appliqué armour serta beberapa pengembangan lainnya. Seluruh model dilengkapi dengan sistem pengontrol penembakan digital dan laser penjejak jarak, meriam utama 120 mm dengan kestabilan tinggi, senapan mesin koaksial, serta perlengkapan untuk melihat dan membidik dalam kegelapan (night vision) yang lebih maju.

3. Challenger 2.
Challenger 2


Challenger 2 adalah tank utama (main battle tank) atau MBT yang diproduksi oleh Inggris (Britania Raya}. Rancangan dan produksi dilaksanakan oleh perusahaan sistem pertahanan Inggris Vickers Defence Systems, sekarang dikenal dengan nama BAE Systems Land and Armaments. Perusahaan tersebut mengiklankan tank baja ini sebagai, "Tank tempur utama paling handal di dunia" Ironisnya pada bulan Januari 2008, 2 (dua) buah tank tempur ini rusak parah dalam sebuah pertempuran, dan sebuah lagi hancur pada sebuah insiden tembakan persahabatan dari tank tempur yang sejenis.

Tank tempur Challenger 2 adalah disain ulang perluasan dari tipe pertamanya, yaitu tank Challenger 1. Tank Challenger 2 ini masih menggunakan bentuk dasar lambung dari tank pemulanya, demikian juga pada bagian-bagian otomotif-nya, namun selain daripada itu semua adalah baru. Maka tank Challenger 2 resmi menggantikan Challenger 1 menjadi Tank Tempur Utama (MTB) tentara Kerajaan Inggris hingga dewasa ini. Tank ini diketahui pula dipakai oleh tentara Kerajaan Oman. Kendaraan militer ini terlihat beroperasi di Bosnia - Herzegovina, Kosovo dan Irak. Semasa Perang Teluk 2003 Tank tempur Challenger 2 tidak mengalami kekalahan dari tembakan pihak musuh. Dalam suatu penyerbuan, sebuah tank Challenger 2 dapat bertahan dari 14 kali tembakan yang berasal dari senjata pelontar granat musuh dan sebuah peluru kendali anti tank "MILAN".

4. T-90MS.
T-90MS
T-90MS adalah versi upgrade dari modernisasi tank T-90S untuk ekspor. Dibandingkan dengan T-90S tua, T-90MS dilengkapi dengan mesin yang lebih kuat dengan kapasitas hingga 1.130 tenaga kuda, kontrol senjata otomatis dan dilengkapi senjata UDP 7,62mm T05BV-1, dilengkapi dengan reaktif armor Era jenis baru dengan sistem ledakan elektronik dan lebih modern. Secara khusus, amunisi dalam kendaraan didesain ulang untuk meningkatkan kelangsungan hidup bagi awak tank, jika terjadi ledakan peluru musuh menghantam tank T-90MS.

5. K2 Black Panther.
K2 Black Panther

K2 Black Panther adalah tank tempur utama Korea Selatan yang akan menggantikan sebagian besar berbagai model M48 Patton tank dan melengkapi seri K1 dari tank tempur utama sekarang diterjunkan oleh Republik Korea.

Produksi massal dimulai pada tahun 2013 dan K2 pertama kali bergabung dengan angkatan bersenjata pada bulan Juni 2014. Biaya K2 lebih dari US $ 8.800.000 per unit.


6. Merkava Mk4.
Merkava MK4

Tank Tempur Utama (MBT) 65 ton Merkava 4 mulai diproduksi secara massal pada tahun 2001 dan mulai dioperasikan oleh Angkatan Pertahanan Israel (IDF) pada bulan Juli 2003. Batalyon pertama tank Merkava 4 Angkatan Pertahanan Israel terbentuk pertama kali pada tahun 2004. 









































7. MBT Arjun mk II.
Arjun Mk II
Tank tempur utama (MBT) Arjun MK.II untuk pertama kalinya diresmikan di hadapan publik saat parade militer di Hari Kemerdekaan India (Republic Day), 26 Januari 2014.
Ditampilkannya tank Arjun versi baru ini adalah untuk menunjukan kemampuan Defence Research and Development Organisation (DRDO) India dalam mendesain dan mengembangkan teknologi pertahanan, untuk selanjutnya memproduksi sistem senjata canggih untuk Angkatan Darat India.
Setidaknya telah dilakukan 70 perbaikan pada tank Arjun Mk.I atau Mark II Dari tank Arjun Versi sebelumnya yaitu MK.I yang dikembangkan DRDO dalam cacatan waktu kurang dari tiga tahun.
Tank Arjun versi baru diklaim jauh lebih unggul dari tank Arjun versi sebelumnya.
Keunggulan diantaranya adalah peningkatan jangkauan rudal, panoramic sights dengan night vision, peningkatan daya penetrasi senjata, kontrol digital, kemampuan hunter-killer yang lebih baik, peningkatan auxiliary power unit (APU),
peralatan komunikasi dan navigasi yang lebih modern.


8. M1A2 Abrams.
M1A2 Abrams

M1 Abrams adalah MBT buatan  General Dynamics Land Systems US. Nama Abrams diambil dari Jendral Creighton Abrams. Varian awal yakni M1 pertama kali masuk dinas operasional tahun 1978, M1A1 tahun 1985, dan terakhir M1A2 tahun 1986. Varian M1A1 terlibat dalam Gulf war & Operation Iraqi Freedom berhadapan dengan T-55, T-62 dan T-72 Iraq.
Awalnya Abrams adalah hasil dari pembatalan MBT-70, sebuah varian tank yang dikembangkan oleh Jerman dan Amerika. Proyek kerjasama ini kemudian dibatalkan dan masing-masing pihak meneruskan pembuatan tank dari data-data yang didapatkan dari proyek MBT-70, Amerika kemudian membuat M1 Abrams sedangkan Jerman membuat Leopard 2. Varian awal M1 Abrams masih menggunakan meriam kaliber 105mm, pada varian selanjutnya (M1A1 & M1A2) digantikan dengan meriam kaliber 120mm buatan Rheinmetall Jerman. Varian awal M1 dan M1A1 mengandalkan mesin diesel, namun varian M1A2 memakai mesin gas turbine yang lebih bertenaga, walaupun mesin baru ini menggunakan bahan bakar lebih banyak.


9. PT-91.
PT-91
MBT PT – 91 Twardy merupakan main battle tank varian dari Tank T – 72 Soviet.Tank ini dikembangkan di Polandia pada tahun 1990-an.Saat ini Polish Army ( Angkatan Darat Polandia ) mengoperasikan sekitar 230 unit PT – 91 Twardy dan 590 Tank T – 72 M1.Perlindungan Tank PT – 91 telah di upgrade oleh pengembang lokal dengan menambahkan explosive reactive armor blocks ERAWA.Ada sekitar 394 blok ERAWA telah di pasang pada hull PT - 91 hampir tanpa celah meliputi hull depan dan turet.pada era perang dingin,Soviet menempatkan blok ERA ( Explosive Reaktive Armor )biasanya memiliki celah 15 mm bahkan lebih.sehingga mengurangi perlindungan tank secara keseluruhan.Dari hasil pengujian bahwa ERAWA telah meningkatkan daya tahan dari tembakan sekitar 30-70% namun itu juga tergantung pada jenis amunisi yang digunakan oleh tank lawan ketika di medan pertempuran.meskipun begitu tetap saja baju baja yang di gunakan pada PT – 91 tidak dapat menahan tembakan Tank dengan amunisi negara barat modern kaliber 120mm pada kisaran jarak 2km.

10. PL-01 Polandia.
PL-01 Polandia

Polandia meluncurkan tank siluman PL-01 yang bisa mengecoh musuh dengan kemampuan “mengganti” image yang ditampilkan dengan cara mengaktifkan sensor inframerah melalui pancaran di lapisan cerdasnya. Pada saat banyak produser tank dunia berkutat pada kekuatan mesin dan armor dari terjangan peluru kendali dan arsenal musuh serta kamuflase cat dan bentuk rancangan, perusahaan Polandia melangkah lebih maju.

Prototipe tank buatan Obrum dan BAE Systems itu, PL0-01, bisa menampung tiga orang, dengan berat 35 ton. Tank ini ditutupi jaring yang khusus dikembangkan sehingga bisa membuat dirinya terlihat seperti mobil dengan hanya mengubah temperatur material pelapis cerdas itu.

Tank PL-01 dimunculkan perdana pada International Defence Industry Exhibition, di Kielce, Polandia, pada 2 September 2013. Diharapkan prototipenya paripurna dibangun pada 2016 dan memasuki roda produksi massal pada 2018.

Kekuatan kulit tank ini berkat pemakaian lempeng pelapis keramik aramid yang memenuhi standar perlindungan tank pada skala STANAG 4569 Annex A pada tingkatan 5+ di bagian turret, badan utama, dan sebagian lain di pelindung rantainya, berdasarkan sistem NATO.

1 komentar:

  1. MEGA GAMING STAY RATES: 25th August 2021 - DRMCD
    The 논산 출장샵 MEGA GAMES lineup 진주 출장샵 has already revealed 김천 출장샵 that this month's 인천광역 출장안마 games will now feature more than 15 서산 출장안마 different titles on each of their respective

    BalasHapus